Sabtu, 04 Februari 2012

Kajian Subuh Ar Royan

Seperti biasanya setiap minggu pagi ba'da sholat subuh di masjid Ar Royan ada pengajian, dan untuk minggu pertama di bulan februari ini diisi oleh ustad Hamid Rais. mungkin bagi teman2 ITS nama ustad ini sudah tidak asing lagi. Oke. langsung saja pada materi kajian kali ini, ustad Hamid menjelaskan tentang sebuah kewajiban kita sebagai seorang muslim dengan menekankan pada surat Al Isra ayat 45, yang artinya

"Dan apabila kamu membaca Al Qur'an niscaya Kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat,     suatu dinding yang tertutup."

ustad hamid menjelaskan bahwa kita diperintah membaca Al Qur'an bukan hanya sekedar membaca, karena
Al Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab. jadi dalam membaca Al Qur'an harus dipahami apa isi dan maksudnya. karena Al Qur'an adalah petunjuk yang akan mengantarkan kita kepada kesuksesan dunia akhirat.
melanjutkan isi ayat diatas beliau menjelaskan bila kita telah memahami Al Qur'an niscaya kita akan dijauhkan dari orang - orang yang tidak beriman ( tidak percaya terhadap Al Qur'an) yaitu Yahudi dan Nasara.
sudah jelas isi ayat diatas bahwasannya ada sebuah keutamaan bagi barang siapa yang membaca serta memahami Al Qur'an dan menjadikan Al Qur'an sebagai petuntuk dalam kehidupan.


Beliau lalu bertanya kepada salah satu dari jamaah, kenapa anda memeluk Islam? kemudian dijawab karena Islam adalah agama yang sempurna, dari mana anda tahu . Dari Al Qur'an jawabnya.
lalu beliau membacakan ayat 19 dari surat Ali Imron.

"Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya."

Tidak ada agama selain Islam sejak jaman Nabi Ibrahim alaihi salam, oleh karena itu sungguh sangat aneh jika ada yang menyebutkan bahwa nabi Ibrahim bukan beragama Islam sebab semua sudah dijelaskan oleh Allah dalam surat Al Baqarah ayat 130 -135 yang menjelaskan bahwa nabi Ibrahin bahkan anaknya Ishaq dan Ismail beragama Islam.

Kita yang sudah ditunjukkan jalan yang lurus ini sudah seharusnya bersyukur atas nikmat yang sangat besar ini, dengan cara terus berusaha mengamalkan apa yang sudah diperintahkan oleh Allah dan RasulNya serta menjauhi segala larangan Allah dan RasulNya.

semoga sedikit rangkuman dari kajian subuh ini bisa menbawa manfaat bagi diri saya pribadi dan teman2 sekalian, apabila ditemukan kesalahan dari tulisan ini itu murni semua dari saya dan mohon dibenarkan.
Wassalam..


Tidak ada komentar: